3 Teknik Dasar Bermain Bulutangkis

Posted by irvan mulya on November 02, 2019 with 1 comment
Bulutangkis adalah salah satu olahraga yang paling lengkap dalam memfungsikan seluruh anggota badan kita . Olahraga ini relatif lebih sulit dibanding olahraga lainnya karena harus memadukan aktifitas tangan dan keselarasan kaki . Untuk menjadi pemain bulutangkis yang tangguh , Anda harus memiliki kaki yang lincah, teknik yang kuat, dan juga strategi yang cerdik. Jika Anda sudah mengerti cara bermain bulutangkis dan ingin menjadi lebih baik lagi, maksimalkanlah permainan Anda dan manfaatkan kelemahan lawan. 


 
Diantara Teknik dan Cara mendasar yang harus anda kuasai adalah : 

1. Menguasai Teknik Dasar Grip


Kunci utama rahasia Permainan Bulutangkis ada pada Penguasaan Pegangan tangan anda pada raket (baca : grip) . Kuasailah teknik Grip yang benar . Sehingga akan menghasilkan pukulan yang baik dan berkualitas . Grip terdiri dari dua teknik . Teknik forehand dan teknik backhand .

Selalu Pukul kok pada bagian tengahnya. Berlatihlah untuk bisa selalu mengarahkan pukulan Anda pada bagian tengah dari ujung kok, atau “kepalanya”. Anda bisa melatih teknik ini dengan melihat tepat pada kepala kok ketika kok melambung di atas kepala Anda.  


2. Menguasai Pergerakan Kaki


Sama seperti olahraga squash, badminton adalah permainan yang bergantung pada pergerakan dan kecepatan kaki. Teori dasarnya adalah . Anda akan kesulitan mengembalikan pukulan lawan jika telapak kaki Anda menempel pada lapangan. Yang benar adalah selalu berjinjit sambil menaik-turunkan kaki Anda ketika menunggu pukulan lawan dan lakukan gerakan kecil ke depan dan belakang atau kanan dan kiri untuk memposisikan diri Anda ketika mengembalikan pukulan tersebut. 

Jangan julurkan tangan Anda untuk meraih kok yang jauh, cobalah untuk menggerakan kaki Anda sedikit-sedikit agar Anda siap menerima kok di posisi yang menguntungkan. 

3. Menguasai Pemukulan Shuttle cock


Setelah Anda menguasai teknik grip dan pergerakan kaki . Sekarang kuasai pula bagaimana cara Anda memukul shuttle cock . Pemain pemula , kadang mereka tidak memperhatikan hal ini . Pemukulan Shuttle cock yang benar adalah ketika pertemuan antara raket dengan shuttle cock tepat berada di tengah raket . 

Pemukulan yang benar akan membuahkan laju shuttle cock Anda akan terarah dan bertenaga . Berbeda halnya dengan pemukulan yang salah . Hal ini akan berdampak pada kualitas pukulan Anda yang lemah dan mudah di patahkan oleh lawan .

4. Menguasai Posisi Tubuh 


Selanjutnya adalah posisi atau sikap tubuh . Hal ini berkaitan erat dengan keseimbangan. Selain kelincahan dan kecermatan, keseimbangan tubuh juga sangat dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis. Menjaga keseimbangan tubuh dan posisi badan yang benar ketika melakukan serangan atau bertahan akan membuat performa Anda menjadi maksimal. 

Cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh yang baik adalah sebagai berikut:
 

  1. Ketika menyerang maupun bertahan, tumpukkan posisi badan pada kedua kaki kanan dan kiri
  2. Tekuk sedikit kedua lutut lalu berdiri dengan ujung kaki sampai pinggang tetap dalam keadaan tegak
  3. Buka kedua kaki selebar bahu dengan saah satu kaki berada di depan. Atau bisa juga diposisikan sejajar.
  4. Tangan yang bebas (tidak memegang raket) diposisikan di samping badan agar tangan yang memegang raket bisa leluasa bergerak.


Anda akan menemukan kembali teknik dasar lainnya pada artikel yang berbeda. Selamat berlatih . 

Salam 
Bulutangkis Master






Categories: