Teknik Dasar Memegang Raket

Posted by irvan mulya on November 21, 2019 with No comments
Teknik Dasar Memegang Raket
Mengetahui teknik dasar dari cara memegang raket dalam Permainan Bulu tangkis atau badminton yang benar merupakan hal utama . Karena jika kita menguasai teknik ini dengan benar maka permainan kita akan maksimal. Dengan mengetahui cara memegang raket dengan benar maka di pastikan pukulan anda akan jauh lebih efektif dan berkualitas . Berbeda halnya ketika Anda belum mengetahui teknik cara memegang raket , pukulan akan terasa lebih berat dan daya lajunya kurang maksimal sehingga lawan Anda dapat mengantisipasinya dengan lebih mudah .




Berikut cara paling populer dalam memegang raket :


Cara Memegang Raket Forehand Grip

Teknik memegang raket bulutangkis di namakan forehand grip, teknik ini cukup sederhana untuk dilakukan oleh pemain.




1.    Cara memegang raket bulutangkis dengan pegangan telapak tangan menghadap ke depan seperti berjabat tangan dengan seseorang dan harus dilakukan dalam posis miring anda dapat mengunakan tangan kiri maupun kanan sesuai kebiasaan anda dan sesuai teknik.
2.    Selanjutnya pada saat anda memegang bagian pegangan raket, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan dan memastikan terbentuk huruf V oleh ibu jari dan telunjuk sebagai celahnya karena hal tersebut menandakan cara anda memegang sudah cukup benar.
3.    Serta gunakan jari – jari tertentu untuk memegang dengan tepat akan menghasilkan pukulan dengan kulitas yang bagus dan sesuai.
4.    Lalu gunakan tiga jari agar seimbang yaitu jari tengah, jari manis dan jari kelingking menggenggam raket agar berat yang di hasilkan raket dapat seimbang sedangkan jari telunjuk agak terpisah bertujuan sebagai pendorong raket ke arah depan ketika memukul forehand.
5.    Teknik forehand harus di praktikan pada saat latihan setiap hari nya agar hasil pukulan akan terlatih dan berkualitas.




Cara Memegang Raket Backhand Grip






Teknik cara memegang bulutangkis dengan benar dengan menggunakan teknik backhand, teknik ini biasa digunakan oleh pemain bulutangkis di negara Inggris, teknik backhand hampir sama dengan teknik forehand, cara memegang raket dengan posisi miring dan posisi  pegangan backhand yang berbentuk V agak sedikit masuk ke dalam lalu pegang raket dengan erat saat mengayunkan nya.




1.    Teknik handback agak sedikit masuk kedalam maksutnya yaitu posisi ibu jari dipindahkan dari posisi melingkari sisi pegangan raket menjadi posisi tegak sejajar dengan batang raket.




2.    Teknik ini lebih terfokus kan dengan posis ibu jari.


3.    Teknik backhand sangat perlu untuk melemaskan juga jari telunjuk dan bergeraklah secara lebih dekat ke bagian jari tengah dengan begitu pukulan akan berkualitas.


pada cara memegang raket bulutangkis dengan teknik ini akan sulit bagi lawan untuk memperkirakan arah pukulan anda. Perlu nya menggunakan dan menempatkan ibu jari anda di permukaan yang lebih luas dari cengkeraman bulu tangkis. Menggunakan teknik handback sedikit sulit oleh sebab itu perlu nya anda untuk selalu latihan untuk memperlancar teknik handback tersebut.




Categories: