Dasar Memahami Footwork

Posted by irvan mulya on January 01, 2020 with No comments
Dasar Memahami Footwork
Footwork dalam permainan Bulutangkis , sangat memegang peranan yang mendasar sekali. Jika seseorang tidak menguasai footwork dengan baik , minimal dia tidak tahu prinsip dan fungsi footwork maka sudah di pastikan dia tidak akan pernah bisa bermain bulutangkis . Tanpa Footwork dan memahaminya , sudah di pastikan lajunya shutlecock tidak bisa ia ikuti. Karena Bulutangkis memerlukan kecepatan dan kegesitan dan footwork adalah jawabannya .



Untuk pemain single , menguasai Footwork adalah sebuah kemestian . Teknik , Kecepatan dan Reflek dalam footwork memerlukan pelatihan tertentu . Sebutlah seperti seorang pemain profesional Lin Dan misalnya . Dia bisa menghabiskan waktu untuk melatih Foootwork ini hingga berhari-hari . Mulai dari kecepatan dan kekuatan . 

Tidak terkecuali bagi pemain Double . Walaupun Footwork tidak begitu memegang peranan utama seperti halnya pemain single , namun dengan mengetahui Teknik Dasar Footwork maka pemain bisa menguasai lapangan dengan baik . Berbeda halnya seorang pemain yang tidak menguasai Footwork maka sudah di pastikan permainannya akan buruk.

Untuk menguasai Footwork dengan baik , minimal dia harus mengetahui pola dasar langkah dasarnya . Inti dari foootwork adalah Melangkah dan bukan berlari . Tidak di dahului bola dan harus mendahului bola . 
 
Berikut diantaranya dasar dalam memahami Foootwork dalam permainan Bulu Tangkis :

1. Jika anda seorang yg memegang tangan kanan . Langkah awal yg selalu di gerakan adalah KAKI KANAN . Sebaliknya Jika anda kidal maka kaki kiri sebagai langkah awal Anda. 
2. Iringilah langkah kaki dengan ayunan Raket menyambut datangnya bola .
3. Jika bola lob atau flick yg anda terima maka usahakan posisi langkah anda selalu lebih belakang ketimbang datangnya bola . Jangan di dahului oleh bola! .

4. Footwork selalu diakhiri dengan kembali kepada posisi tengah lapangan. 

Kembali ke Posisi Tengah - Dasar memahami pola Footwork

Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pengambilan sikap dan posisi FOOTWORK antara lain :


1. Berdiri dengan santai, usahakan berat badan tetap pada kedua kaki dan jaga keseimbangan tubuh.

2. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan sejajar atau salah satu kaki didepan kaki lainnya, 

3. Tekuk kedua lutut berdiri pada ujung kaki sehingga posisi pinggang tetap tegak dan rileks dan jangan tegang atau tegak lurus .

4. Kedua lengan dengan siku bengkok pada posisi disamping badan sehingga lengan bagian atas yang memegang raket tetap bebas bergerak.

5. Raket di pegang dengan rileks dan pada posisi kepala (daunnya) raket lebih tinggi dari kepala.

6. Bergeraklah kedepan, belakang, kanan dan kiri dengan cepat dan tetap menjaga keseimbangan tubuh.

7. Gerakan langkah dengan meluncur cepat sangat efektif dalam upaya memukul cock.

8. Hindari berdiri dengan tumpuan pada telapak kaki pada saat memukul maupun menunggu cock.

Demikian dasar dalam memahami footwork dalam permainan Bulutangkis . Intinya Anda terus berlatih , fahami dengan benar prinsip tekniknya . 



selamat berlatih .
Salam Bulutangkis Master

Categories: ,