Rahasia Cara Berlatih Pertahanan Bulutangkis

Posted by irvan mulya on January 09, 2020 with No comments
Rahasia Cara Berlatih Pertahanan Bulutangkis
Memahami pertahanan dalam bermain bulutangkis merupakan bagian terpenting dan sangat mendasar . Baik sebagai pemain pemula , menengah ataupun mahir . Cara mendasar dalam memahami pertahanan dalam permainan bulutangkis adalah mengerti cara bagaimana Anda harus menyiapkan grip pegangan raket yang tepat dan berada pada posisi yang strategis ketika itu . Pemain profesional biasanya memiliki waktu khusus untuk belajar pertahanan dalam bermain bulu tangkis. Tidak hanya cukup melatih teknik, juga dalam pertahanan bulutangkis di perlukan penunjang fisik yang baik terkhusus gerakan reflek .


 
Berikut beberapa teknik mendasar dalam melakukan defend / pertahanan :

1. Selalu posisikan raket di pegang dengan GRIP backhand . Dan ini adalah posisi grip standar yang umumnya pemain yang sedang bertahan melakukannya . Sebagian pemain tidak selalu terpaku dengan pegangan Backhand . Dalam posisi tertentu mereka kadang menggunakan grip forehand . Seperti yang sering kali dilakukan oleh pasangan no.1 Dunia saat ini Gideon dan Kevin (the minions) . Tentunya kecepatan perubahan grip yang mereka lakukan sudah sedemikian terlatih . Sehingga tidak terlihat bagi kita perubahan grip tersebut .

2. Posisikan tangan yang memegang raket berada memaksa ke depan dengan posisi badan agak membungkuk dan kedua kaki merenggang . Jangan lakukan pegangan grip raket dengan cara menggenggam erat batang raket . Berikan sedikit sudut longgar pada ujung pegangan .

3. KAKI KANAN SELALU POSISIKAN LEBIH DEPAN DARI PADA KAKI KIRI . (jika anda bukan seorang kidal)

4. Hindari posisi tegak lurus tubuh . Karena smash mematikan dari lawan akan sulit di antisipasi . Posisi yang ideal ketika Anda berada pada posisi defend adalah dengan sedikit membungkukan tubuh kedepan dan pandangan tajam memperhatikan lajunya bola . Seolah-olah Anda sedang mengincar laju derasnya bola dari pukulan lawan .

Penunjang Latihan Fisik untuk memperkuat defend (pertahanan) adalah dengan :

1. Latih kekuatan wrist power (kekuatan pergelangan tangan dengan push-up jari) . Bisa ke dinding dengan sudut 45° . Fungsinya adalah melatih kekuatan cengkraman jari . Karena bertahan dari smash musuh yang kuat ... Butuh kekuatan cengkraman yang baik.

2. Latih kecepatan reflek Anda dengan memukul kok ke dinding yang TIDAK RATA . Terus berulang sehingga reflek antisipasi tangan Anda ssudah memiliki daya respons yang baik .


Categories: ,